Pansus DPRD Metro: “Minta Pemkot Maksimalkan Penataan Pasar”.

SBNews.com (Metro) :  DPRD Kota Metro, meminta Pemerintah kota setempat lebih profesional melakukan penataan pasar. 

 

Hal tersebut disampaikan Ketua Pantia Khusus (Pansus) pembahasan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Walikota tahun anggaran 2017, DPRD Kota Metro Zaenuri,

“Untuk memindahkan PKL (pedangang kaki lima) diperlukan lokasi yang baik. Karena itu, penataan pasar harus benar-benar profesioan. Kalau mau dipindahkan ke lantai II Pasar Cenderawasih, maka tempatnya harus dibenahi agar nyaman bagi pedagang dan pengunjung,” kata Zaenuri pada , Rabu (18/4).

 

Wakil Ketua Pansus Yulianto menambahkan, Pemkot Metro bisa mencontoh Pasar Klewer, Solo. Menurut dia, di pasar tersebut PKL tertata dengan rapi. Selain itu, meskipun pasar tersebut padat, tetapi tidak terlihat kumuh.

“Kita bisa belajar dari sana gimana penataan. Menjadi lebih rapih, bersih, dan tingkat keamanan pun terjamin. Misal disediakan juga hydrant. Jadi kalau kebakaran itu, suplai air tidak ada masalah,” terangnya.

Dia mengusulkan, agar penanganan pasar di Kota Metro lebih profesional, sebaiknya dilakukan oleh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

“Pasar ini selalu menjadi masalah di Kota Metro. Nah, masalah ini harus diselesaikan dengan baik. Supaya ke depan tidak timbul dan berulang lagi. Kita harus optimis, kalau semua dilibatkan pasti ada solusi-solusi baik. Tujuan utamanya kan kebaikan Metro,” terangnya

 

 Dia menambahkan, terkait lokasi pasar basah di terminal, sebaiknya dikembalikan seperti rencana dan fungsi awal. Tujuannya, agar tidak terjadi tumpang tindih  fungsi yang dapat menimbulkan masalah pada masa mendatang.(Hendrik)

Bagikan berita ini:

Berita lainnya

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.