DPRD Kota Metro : Anna Morinda Hadiri HKN di Lapangan Samber Park

SBNews.com (Metro) :  Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Metro, Anna Morinda turut ambil bagian dalam memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang diadakan Pemerintah Kota Metro di Lapangan Samber Park, Minggu (18/11/2018).

Bahkan dalam kegiatan HKN yang juga dihadiri Wakil Walikota Metro, Djohan dan Kapolres Metro, AKBP Umi Fadhilah Astuti itu, Anna Morinda larut dalam kegiatan tersebut bersama dokter kecil memberikan contoh gaya hidup sehat dengan mencuci tangan menggunakan sabun.

Menurut Anna Morinda, Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang diperingati setiap bulan November setiap tahunnya, menjadi momentum untuk menggaungkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) bagi semua komponen bangsa di seluruh Indonesia agar dapat melakukan perilaku hidup sehat untuk mencegah berbagai ancaman penyakit.

”Kami ingin agar masyarakat dapat berperilaku hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari,” katanya.

Lebih lanjut dia mengungkapkan bila kesehatan merupakan hal yang utama dan mendasar, dan keberhasilan program kesehatan tidak terlepas dari peran masyarakat dan dukungan lintas sektor terkait, maka terbitlah Inpres Nomor 1 tahun 2017 tentang germas pada 27 Februari 2017.

Selain untuk menurunkan penyakit, Germas yang diprakarsai oleh Presiden RI ini bertujuan pula untuk menghindarkan terjadinya penurunan produktivitas penduduk sekaligus menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan.

Dengan adanya kerjasama antar sektor dan lintas program, tambah dia, akan menjadi katalisator bagi masyarakat untuk mampu berperilaku hidup sehat, yang pada akhirnya dapat membentuk sumber daya manusia Indonesia yang unggul sehingga menjadi pondasi bangsa Indonesia yang kuat.

Dalam kehidupan sehari-hari, menerapkan pola hidup yang sehat merupakan salah satu wujud dari revolusi mental. Melalui Germas, pemerintah khususnya Kemenkes mengajak masyarakat untuk mengubah kebiasaan-kebiasaan yang tidak sehat. Menjadi mau melakukan langkah kecil perubahan pola hidup ke arah yang lebih sehat.(Hendrik,SH)

Bagikan berita ini:

Berita lainnya

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.