Tagihan Listrik Belum Dibayar Pemkot Bandar Lampung, PLN Padamkan Lampu Jalan

SBNews.com, Bandar Lampung – Akibat tagihan belum dibayar oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung, sejumlah lampu jalan di Kota Bandar Lampung dipadamkan pihak PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Lampung.

Diketahui, Pemkot Bandar Lampung menunggak pembayaran penerangan jalan umum (PJU) selama 3 bulan terakhir ini.Asisten Manager Komunikasi dan Manajemen PLN Unit Induk Distribusi Lampung, Darma Saputra mengatakan tunggakan tersebut pada pemakaian bulan Juli, Agustus dan September 2021.

Rata-rata, dana yang harus dibayar Pemkot untuk PJU ini per bulan mencapai Rp 6 miliar. “Sudah berjalan 3 bulan ke belakang (tunggakannya). Jadi pembayaran yang harus dilunasi kurang lebih total sekitar Rp 18 miliar,” ujar Darma, Rabu (29/9).

Hal inilah yang menyebabkan pihaknya terpaksa melakukan pemadaman di 9 titik ruas jalan protokol Kota Bandar Lampung.

Pemadaman tersebut dilakukan sesuai jam operasional lampu PJU, dari pukul 17.30-06.00 WIB. Beberapa tempat yang dipadamkan antara lain:

1. Jalan Kartini,

2 .Jalan Gatot Subroto,

3. Jalan Ahmad Dahlan,

4. Jalan Pagar Alam,

5. Jalan Sultan Agung,

6. Sekitar daerah Sumur Putri, dan

7. Beberapa ruas jalan lainnya.

Menurutnya, PLN Unit Induk Distribusi Lampung sejauh ini telah melakukan upaya persuasif mulai dari koordinasi dan komunikasi.

Bahkan, Pihak PLN UPT 3 Tanjung Karang pun juga sudah berusaha mendatangi pihak-pihak terkait, mengenai pelunasan tersebut.

“Sebenarnya PLN juga tidak menginginkan hal ini (pemadaman) terjadi. Namun langkah tersebut merupakan bagian dari mekanisme sebuah aturan antara pelanggan dengan PLN,” kata Darma.

Hingga kini, komunikasi yang dilakukan belum sampai menemukan solusi yang tepat. Apalagi, pemadaman ini sangat berpengaruh untuk masyarakat yang menggunakan fasilitas umum.

Soal penunggakan ini, pernah juga terjadi di mssa kepemimpinan wali kota sebelumnya yaitu, Harman HN.

“Pernah juga malah waktu itu sempat dilakukan pemutusan, tunggakan kurang lebih hampir sama. Tapi tentu, kita selalu meyakini bahwa Pemkot Bandar Lampung akan segera melunasinya,” kata Darma. (*)

Bagikan berita ini:

Berita lainnya

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.