Gempa Tektonik Berkekuatan Magnitudo 3,0 Mengguncang Wilayah Lampung Barat

SinarbangsaNews.com, Liwa — Gempa tektonik berkekuatan magnitudo 3,0, mengguncang wilayah Lampung Barat pukul 11.38 WIB, Kamis, 21 Oktober 2021. Guncangan gempa yang terjadi di darat itu membuat warga Liwa, Lampung Barat, Lampung, kaget.

Sejumlah warga Liwa mengaku terkejut saat merasakan getaran yang terjadi. Sebab, getaran gempa yang dirasakan secara tiba-tiba langsung terasa kuat tapi cepat.

“Getaran gempanya tidak bergoyang-goyang seperti biasa, tapi rasa getarannya hanya selintas tapi kuat seakan-akan ada benda besar yang jatuh,” kata warga Liwa, Suprihatin.

Berdasarkan analisa BMKG, episenter berkekuatan magnitudo 3,0 itu terletak pada koordinat 5.07 LS dan 104.14 BT atau tepatnya di darat dengan jarak 10 km tenggara Lampung Barat pada kedalaman 3 kilometer.

Memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi itu merupakan jenis dangkal akibat aktivitas sesar semangko barat.

Kekuatan gempa bumi itu dirasakan di wilayah Liwa dengan skala intensitas III MMI yaitu getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu(*)

Bagikan berita ini:

Berita lainnya

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.