Ketua TP PKK Provinsi Lampung Lakukan Pembinaan ke 8 Organisasi di Kabupaten Tanggamus

SinarbangsaNews.com, Kotaagung — Ketua TP PKK Provinsi Lampung Hj. Riana Sari Arinal, melakukan kunjungan kerja dalam Rangka Pembinaan ke 8 Organisasi TP PKK di Kabupaten Tanggamus, yang ditempatkan di Objek Wisata Pantai Muara Indah, Kecamatan Kotaagung, Kamis (11/11/2021).

Tujuan kedatangan Hj. Riana Sari Arinal, adalah untuk melakukan pembinaan kepada 8 organisasi yang dipimpinnya, agar program masing-masing organisasi tersebut dapat terintegrasi dan bersinergi antara provinsi dan kabupaten/kota.

Adapun kedelapan organisasi tersebut yakni; Tim Penggerak PKK, Yayasan Jantung Indonesia (YJI), Palang Merah Indonesia (PMI), Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS), Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia (PERWOSI), Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda), Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan), serta Kelompok Kerja (Pokja) Bunda PAUD dan Pokja Bunda Literasi.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Jajaran pengurus organisasi Provinsi Lampung, diantaranya Ny. Mamiani Farizal Darminto, Ny. Rusdiana Adi, Ny. Ratna Fitriani, Kadis Koperasi UMKM Provinsi Samsurizal Ari, Wakil Bupati AM. Syafi’i, Forkopimda Tanggamus, Ketua TP PKK Kabupaten Tanggamus Hj. Nilawati Syafi’i, Ketua Dekranasda Tanggamus Ny. Nur’aini Hamid Lubis, Ketua PMI Tanggamus Hi. Samsul Hadi, para Asisten, Kepala OPD, Camat se Kabupaten Tanggamus, para Pengurus TP PKK Kabupaten Tanggamus, Dekranasda Tanggamus, LKKS Tanggamus, YJI Tanggamus, Perwosi Tanggamus, PMI Tanggamus, Pokja PAUD Tanggamus dan Pokja Literasi Kabupaten Tanggamus, para Ketua TP-PKK Kecamatan se-Kabupaten Tanggamus, para Kader UP2K, Kader Posyandu dan Kader PKK  Kecamatan Kotaagung.

Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, dalam sambutannya yang disampaikan Wakil Bupati Hi. AM, Syafi’i, mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi tingginya kepada Hj. Riana Sari Arinal, atas perkenanannya dalam melakukan pembinaan kepada delapan organisasi yang ada di Kabupaten Tanggamus.

“Karena melalui seluruh organisasi dan lembaga yang dipimpin Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi, telah memberikan begitu banyak bantuan kepada masyarakat Tanggamus, khususnya untuk para kader PKK, Posyandu, pengrajin, anak-anak PAUD, lansia, para disabilitas, para pendonor darah dan lain-lainnya.”

“Segala bantuan ini sangat membantu dan bermanfaat bagi masyarakat pada situasi dan kondisi kita yang masih terdampak pandemi Covid-19,” kata Wabup.

Lanjut Wabup, dalam upaya Pemberdayaan Perempuan dan keluarga, khususnya upaya pencegahan stunting, Pemkab Tanggamus dan seluruh organisasi senantiasa berupaya melaksanakan program tersebut dengan baik, dan alhamdulillah telah menunjukkan hasil yang baik.

“Atas upaya-upaya telah yang kami lakukan tersebut, kami telah diberikan beberapa penghargaan. Penghargaan Manggala Karya Kencana dari BKKBN Pusat untuk Bupati Tanggamus, Penghargaan Manggala Karya Kencana dari BKKBN Pusat untuk Ketua TP-PKK Kabupaten Tanggamus, Penghargaan dari BKKBN Provinsi Lampung tentang Pencapaian Akseptor terbanyak se-Provinsi Lampung tahun 2021kepada Kabupaten Tanggamus,” jelas Wabup.

Sementara Hj. Riana Sari Arinal, dalam sambutannya menyampaikan harapannya, agar kedepan semua organisasi yang dipimpinnya dapat bergerak dan berjalan untuk satu tujuan, yakni untuk Provinsi Lampung yang lebih maju.

“Dengan memberdayakan kader PKK sampai ketingkat Dasa Wisma, dengan memberdayakan UKM yang tergabung dengan Dekranas. Dengan memberdayakan KJS atau kelompok jantung sehat,  Ibu-ibunya. Begitu juga dengan Pokja PAUD nya,” terang Riana.

Menurut Riana, kesemua organisasi yang ada, melibatkan semua masyarakat dari anak anak PAUD sampai lansia, agar dapat ikut terlibat dalam pembangunan. Tidak hanya dalam pembangunan secara fisik saja, namun juga pembangunan secara mental sepiritual.

“Melalui organisasi inilah kami turun secara langsung, agar Ibu-ibu yang ada di kabupaten kabupaten bisa bersemangat memberdayakan Ibu-ibu yang ada di desa-desa.”

“Contohnya di Tanggamus, UMKM nya keren-keren, kerajinannya bagus-bagus. Jadi mereka itu semua punya potensi, asal mereka dipesertakan dan dipedulikan dalam kegiatan ini,” pungkasnya.

Dalam kesempatan itu, Hj. Riana Sari Arinal didampingi Wakil Bupati Tanggamus dan Ketua Organisasi Tanggamus, menyerahkan bantuan secara simbolis berupa sembako kepada Pondok Pesantren Nurul Hidayah, Panti Asuhan Bina Bakti, serta sejumlah ibu hamil dan balita. Lalu bantuan bibit tanaman kepada KWT Sidomaju, budidaya ikan dalam ember kepada PKK Pekon Campang, juga bantuan kepada perpustakaan desa, anak disabilitas dan lansia.

Selanjutnya Hj. Riana Sari Arinal dan rombongan mengunjungi stan-stan pameran yang berada di lokasi acara, Pos Pemeriksaan Kesehatan YJI Cabang Tanggamus, LKKS, PMI Tanggamus dan Perwosi.

Riana Sari juga menyempatkan diri bercengkrama dan bernyanyi bersama anak-anak literasi dan PAUD Kabupaten Tanggamus. (Sarip*)

Bagikan berita ini:

Berita lainnya

Leave a Comment

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.