Acara Adat Anak Dari Ketua Organisasi Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Tulang Bawang Barat

Lampung Utara, Sinarbangsanews.com — Acara Resepsi pernikahan atau Bahasa Lampungnya Terang Kawin (Bungai) dan Pemberian Nama Gelar dalam Adat Lampung setempat, Anak dari Bapak Mukaddam (Gelar Rajo Tunggal). Ketua Serikat Media Siber Indonesia(SMSI) Tubaba dan Ibu Erna wati. Acara digelar di Kediaman Keluarga mempelai Pria Jl.Ks. Tubun Gg. Armala No. 36 Rt.06 Lk. 05 Kel. Kota alam, Kecamatan Kotabumi Selatan, Kabupaten Lampung Utara Provinsi Lampung. Jumat tanggal 21 / 7 / 2023

Sebelum melanjutkan Acara Resepsi Pernikahan, Tentunya Tokoh Adat Lampung di Daerahnya masing- masing mempunyai proses tersendiri. Syarat yang harus diselesaikan baik dari petata-titi Adat dalam Pengukuhan Gelar diantaranya melaksanakan Acara Terang Kawin(Bungai),  hal ini juga sudah pasti dikukuhkan oleh para Tokoh Adat. Tokoh Adat yang hadir saat pemberian Gelar, dari Tiyuh Karta dan Tokoh Adat setempat. Makna dari Bungai menerangkan ke masyarakat setempat  bahwa Calon Pengantin Pria dan wanita sudah lepas dari masa lajangnya. 

Hasil dari berlangsungnya Tata- titi Para Tokoh Adat Tiyuh Karta dan Tokoh adat setempat. Para tokoh mengukuhkan mempelai Pria yang  bernama Artha Kurnia Alam, S. Si mendapatkan Gelar (Tuan Mangkualam) Anak dari Bapak Mukaddam dan Ibu Erna Wati. Mempelai perempuan Siti Khanifah Putri Kurnia Pratiwi, S.I. Kom mendapatkan Gelar (Tuan Ikutan) Anak dari Bapak Jumiadi dan Ibu Suparti. 

Berjalannya proses pengukuhan pemberian  Gelar tentunya sudah melalui Proses Pengangkatan Anak Bahasa Lampungnya (Akon anak). Dimana mempelai Wanita diangkat Anak oleh Bapak Iwan Setiawan, SH,.MH, Camat Tulang Bawang Udik (Tubaba). Karena dalam adat Petata- petiti Lampung, bilamana di antara Calon pengantin baik yang Laki- laki atau Perempuan ada Sukunya berasal dari luar Suku Lampung maka dimasukan dalam Suku Adat Lampung Terlebih dahulu . 

Lebih lanjut Mukaddam (Gelar Rajo Tunggal), mengucapkan Terima kasih atas kehadiran dari para Tokoh Adat setempat. Dirinya juga berharap kepada seluruh Saudara,Keluarga dan Sahabat mohon Doa Restu dan Kehadiran dalam Acara Pernikahan Anaknya yang akan dilaksanakan Sabtu pukul 08.00 wib Tanggal 22/ 7 / 2023, sampai selesai. 

Bagikan berita ini:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.