Ketua umum Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Pusat Firdaus Lantik Pengurus SMSI Provinsi Lampung

SinarbangsaNews.com, Bandar Lampung — Ketua umum Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Pusat Firdaus, menghadiri sekaligus melantik pengurus SMSI Provinsi Lampung. Donny Irawan. Dia terpilih kembali secara aklamasi sebagai Ketua SMSI Provinsi Lampung masa jabatan 2022-2027, acara pelantikan berlangsung di Ballroom Novotel Bandar Lampung, Minggu (15/1/2023).

Pada acara pelantikan tersebut juga diberikan Piagam penghargaan dan SMSI Award kepada mereka yang berkompeten di bidangnya. Acara ini dihadiri para kepala daerah kab/kota dan OPD serta seluruh pengurus SMSI se-Provinsi Lampung.

Pada pidatonya, Ketua Umum SMSI menyampaikan pesan kepada seluruh pengurus SMSI agar para pemilik atau pengusaha media siber untuk mengubah mindset para wartawan
agar dapat bergerak menjadi pengusaha apapun bidangnya. Begitu juga pemanfaatan dunia digital yang semakin pesat di era modern saat ini.

“Ini tujuan SMSI agar kita bisa menjadi pengusaha bukan peminta-minta kepada negara. Seperti Ketua SMSI Lampung Doni Irawan adalah pengusaha SPBU yang patut dicontoh oleh para anggotanya,” kata Firdaus.

“Bayangkan jika para organisasi – organisasi apa pun itu yang dibentuk di negara ini hanya berpikir apa yang bisa didapatkan di negara ini, maka tunggu saja negara ini akan hancur dengan sendirinya oleh anak bangsanya sendiri. Justru berpikir sebaliknya, jadilah pengusaha agar kita dapat berpikir apa yang bisa kita beri kepada NKRI jika SMSI dibentuk hanya untuk mengharapkan bantuan dari negara lebih baik bubarkan saja,” tambahnya.¬†

“LDi tengah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, kemerdekaan pers menghadapi tantangan yang tidak ringan. Terjadi perubahan yang sangat signifikan terhadap lanskap ruang publik yang memungkinkan setiap individu mengakses informasi dan menjadi sumber informasi secara cepat dan akurat.

Ketergantungan masyarakat pada dunia siber, dunia digital semakin hari semakin tinggi. “Sehingga pada gilirannya media massa siber menjadi sumber informasi masyarakat yang utama dan terpercaya,” kata dia.

Kemudian pada akhirnya dibutuhkan upaya bersama untuk menciptakan bisnis media siber yang sehat dan profesional. Untuk membangun bisnis media siber yang sehat dan profesional diperlukan sebuah wadah untuk menghimpun perusahaan media siber di seluruh Indonesia. “Wadah itu dapat digunakan sebagai sarana membangun bisnis media siber yang sehat dan profesional itulah SMSI,” ucapnya.

Dia kembali mengulas sejarah awal mula SMSI terbentuk dari sebuah pemikiran para fungsionaris pengurus PWI Pusat terhadap perkembangan dunia digital saat ini. “Lambat laun koran cetak akan beralih ke dunia online atau digital karena itu dunia siber atau dunia digital sangat dibutuhkan karena kecepatan pada akses kebutuhan masyarakat terhadap informasi saat ini dibandingkan dengan koran cetak,” kata Firdaus yang dua periode jadi Ketua PWI Banten itu.

“Maka saya sarankan kepada para pengurus SMSI adalah orang-orang profesional yang tergabung di PWI baik pusat maupun di kabupaten/kota,” ucap Firdaus yang merupakan putra Lampung itu.

SMSI juga berkolaborasi dengan TNI/Polri guna membangun sistem cyber dengan baik, menghindari penyebaran konten hate dan hoax. Dampaknya dapat menimbulkan kegaduhan di masyarakat.

Bagikan berita ini:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.