Tempat-tempat Wisata Menarik di Lampung

Di tengah sumpek dan penat, terkadang refreshing tidak harus menunggu waktu liburan panjang, berwisata secara singkat tetap menjadi kebutuhan dalam situasi penat akibat aktifitas yang padata. Selain “nongkrong” santai, ada pula aktifitas refreshing yang lebih “menyehatkan” dengan berkunjung ke tempat-tempat wisata yang relatif dekat jangkauannya.

Dalam Laman Travelingyuk.com Alfri mengajak kita mengintip 12 tempat wisata menarik di Lampung. Beberapa lokasi cukup dekat dengan pusat kota Bandar Lampung, sehingga cukup mudah menjangkaunya.

1. Museum Lampung, Tujuan Wisata Sejarah, Pendidikan, Penelitian dan Rekreasi

Memiliki nama resmi Museum Negeri Lampung, sebuah museum terbesar dan yang pertama berdiri di provinsi Lampung. Museum ini telah lama menjadi kebanggaan warga Bandar Lampung pada khususnya dan provinsi Lampung pada umumnya. Keberadaannya dianggap penting sebagai sarana untuk wisata sejarah, pendidikan, penelitian dan juga rekreasi.

Museum Lampung, via instagram

Museum Lampung terletak di Jalan ZA Pagar Alam No.64 Bandar Lampung. Peresmiannya dilakukan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan kala itu, Prof. Dr. Fuad Hasan pada tanggal 24 September 1988. Museum ini mengoleksi benda bersejarah seperti meriam peninggalan kolonial Belanda dan aneka benda budaya yang mewakili dua kelompok adat terbesar di Lampung yakni Sai Bathin dan Pepadun.

2. Pantai Tirtayasa, Pilihan Wisata Pantai Untuk Menepi

Bandar Lampung yang berbatasan dengan Teluk Lampung tidak akan kehabisan stok tujuan wisata pantai, Salah satu yang menjadi favorit traveler untuk menenangkan diri adalah Pantai Tirtayasa di alamat dusun Way Tataan, kelurahan Sukamaju, kecamatan Teluk Betung Timur, kota Bandar Lampung.

Pantai Tirtayasa, via instagram

Pantai ini lumayan sepi dan cocok untuk pilihan menepi dari hiruk pikuk ibukota provinsi. Pemandangan pantai ini cukup indah dengan perbukitan di kejauhan serta laut yang biru. Tidak jauh dari pantai ini traveler juga bisa menjumpai pantai lain yang tengah naik daun antara lain Pantai Queen Artha, Pantai Mutun, Pantai Sari Ringgung hingga Pantai Kelapa Rapat.

3. Taman Kupu-Kupu Gita Persada, Tempat Favoritnya Traveler Wanita

Buat traveler wanita yang suka sekali dengan keelokan sayap kupu-kupu bisa berkunjung ke Taman Kupu-kupu Gita Persada yang letaknya di kaki Gunung Betung atau berada di ujung selatan pulau Sumatera. Taman kupu-kupu ini bisa traveler jangkau dengan perjalanan selama 15 menit dari Kota Bandar Lampung.

Taman Kupu-Kupu.Netm

Pembangunan taman kupu-kupu didasari atas keprihatinan sang pendiri yakni Anshori Djausal dan Herawati Soekardi yang melihat banyaknya kawasan di Lampung yang rusak akibat aktivitas manusia. Mereka khawatir jika spesies kupu-kupu Sumatera akan punah sehingga dibangunlah taman kupu-kupu yang kini telah menjadi rumah lebih dari 100 jenis kupu-kupu Sumatera.

4. Masjid Agung Al-Furqon, Masjid Kebanggaan Warga Lampung

Sembari eksplorasi tempat wisata di Bandar Lampung sebaiknya sempatkan untuk mampir ke Masjid Agung Al-Furqon. Di masjid ini traveler bisa melepas penat sekalian ibadah dan wisata religi. Masjid yang terletak di persimpangan antara Jalan Dr. Susilo dan Jalan Diponegoro ini adalah masjid terbesar di Bandar Lampung dan juga provinsi Lampung.

Masjid Agung Al-Furqon, via instagram
Masjid Agung Al-Furqon, via instagram

Masjid Agung Al-Furqon adalah masjid bersejarah yang pembangunannya diprakarsai oleh presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno. Masjid yang memiliki bangunan megah ini cukup mudah dijumpai lantaran posisinya yang berada di pusat kota dan berada dekat dengan kawasan perkantoran Pemda Kota Bandar Lampung. Masjid ini tersusun atas dua lantai dimana lantai dasarnya digunakan sebagai ruang pertemuan dan acara resepsi pernikahan.

5. Pura Kerti Bhuana, Pura Terbesar di Bandar Lampung

Masih dalam rangkaian wisata religi, destinasi selanjutnya adalah Pura Kerti Bhuana. Pura tidak hanya ditemukan di Bali atau daerah dengan penduduk mayoritas Hindu dan Buddha saja, seperti di Bandar Lampung ini contohnya terdapat pura megah di wilayah Kelurahan Way Lunik, Kecamatan Panjang, Bandar Lampung, tepatnya di Jalan Bypass Soekarno-Hatta.

Pura Kerti Bhuana [image source]
Pura Kerti Bhuana [image source]

Pura Kerti Bhuana memiliki nama lain sebagai Pura Jagatnatha Kerti Bhuana adalah pusat ibadah bagi umat Hindu di provinsi Lampung. Pura ini sekaligus menjadi yang terbesar di sana. Pembangunannya dilakukan pada tahun 1974 dengan fungsi utama sebagai pelinggih persimpangan Ida Betara di Pura Besakih Bali. Desain pura ini memang serupa dengan pura-pura di Pulau Dewata sehingga foto di depannya sudah berasa liburan di pulau Bali.

6. Vihara Thay Hin Bio, Klenteng Tertua di Lampung

Kehidupan masyarakat Lampung sangat menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi beragama hal tersebut dapat dilihat dari keberadaan rumah ibadah lintas agama yang berdiri di dalamnya. Selain masjid dan pura, satu lagi yang bisa dijadikan tujuan wisata religi khususnya mereka keturunan Tionghoa yaitu Vihara Thay Hin Bio.

Vihara Thay Hin Bio , via instagram
Vihara Thay Hin Bio, via instagram
Bagikan berita ini:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.